Sabtu, 26 September 2015

Perjalanan Darat Solo - Jakarta bag. 2


Tulisan ini adalah lanjutan catatan sewaktu mengunjungi Ibukota Jakarta tempo hari. Untuk Bagian 1 bisa dibaca di sini.

     Selesai 3 hari kegiatan yang melelahkan di Jakarta #lebay *padahal cuma duduk dengar ceramah, makan tidur trus dengar ceramah lagi, makan, tidur, gitu aja sih kegiatannya*, tibalah saatnya pulang kembali ke pangkuan istri kampung halaman. Dan sesuai rencana awal, untuk transportasi kembali ke Solo akan menggunakan jasa PO Raya kelas Supertop dengan tiket yang sudah tertebus seharga 290k, jadwal berangkat jam 17.00.

     Eh? Udah dapat tiket? Kapan belinya?

     Jadi ceritanya, dulu setelah tiket Rosalia udah di tangan, langsung kontak Kakak Ipar yang kebetulan kerja di Jakarta buat nyariin tiket Raya Supertop sesuai tanggal selesainya acara. Gitu.. #gakpenting #skipajah #gaknanyajuga

     Singkat cerita (sebenarnya pengen cerita perjuangan untuk mencapai tempat keberangkatan bis di daerah Lebakbulus, mulai dari nebeng fasilitas shuttle bus gratis dari gelaran IIMS di JIExpo Kemayoran dan ternyata sudah terhadang macet bahkan sesaat setelah bis keluar dari area pameran, kemudian ketika sampai di Pondok Indah Mall yang menjadi tujuan akhir shuttle bus, bingung mau naik apa untuk ke Lebakbulus karena di semua tempat ke semua jurusan macet cet cet hampir gak gerak, padahal sudah hampir jam setengah 5, akhirnya panggil tukang ojek yang mangkal sekitar mall, belum deal soal harga udah maen naik aja sambil bilang , “Tempat naik bis di Lebakbulus yang dekat pool Kramat Jati, Bang. Ngebut ya..”. Udah gitu Abang Ojeknya nurut banget, ngebut abiiiss.. Gang senggol, gang tikus, gang semut, gang kelinci, semua diterobos.. Dan hasilnya.. Sukses! Lima menit sampe depan agen bis Raya di bekas pom bensin Pondok Pinang. Tukang Ojek Jakarta memang ajaib..!! Tapi cerita yang ini diskip aja deh, agak-agak gak penting. #eh), jam 16.32 sampe di agen Bis Raya.

     What? Singkat cerita? Hallooouw.. Udah terlanjur muncul tuh, cerita segambreng..

     Eh? Apa? Mana? #mendadakamnesia #hakdesss

     Yasutralah.. Lanjut..

     Jam 16.32 udah duduk manis nungguin bis datang, masih ada cukup waktu buat isi perut karena belum makan siang, sambil komat kamit berdoa semoga bis kali ini datang tepat waktu. Sebenarnya ditempat itu sudah ada bis Raya yang parkir, tapi itu bis kelas Executive 24, kalau tidak salah ingat seri C, dan itupun tak lama kemudian sudah diberangkatkan.

     Dasar rejeki anak sholeh, doa mudah terkabul. Jam masih menunjukkan 16.55, bis putih merah yang ditunggu udah datang. Kesan pertama begitu lihat bisnya adalah : kereeen..! Bis kinclong dengan body Legacy dari perusahaan karoseri Laksana. #okesip

Bis cakep..

     Masuk ke dalam bis, ada semacam de javu melihat kabin penumpangnya. Memang desain interior sudah sangat berubah dari terakhir kali aku lihat, 14 tahun yang lalu #eh #what? *yaelah, itu sih emang udah beda generasi kali..?* (lebih rapi dan sophisticated dengan hiasan lampu LED di sekujur ruangan), namun kursi penumpangnya.. Masih sama! Ya, kursi dari bekas pesawat DC 10 itu masih terawat rapi. Memang pada beberapa bagian nampak terkelupas atau tidak utuh, namun secara umum penampilannya masih terjaga, dan yang penting fungsi minimal untuk reclining masih bisa dilakukan dengan baik dan lancar. Dan soal kenyamanan.. Ini yang membuatnya jadi legenda. Asal julukan Si Kasur Berjalan langsung bisa diketahui  begitu kita duduk di atas kursinya yang super duper empuk, dan nyaman.. #acungjempollima

Interior (abaikan si Embah Kakung)

My seat..

     Soal selimut, jika di Rosalia Indah selimut dibagikan setelah bis berangkat, maka di bis Raya ini selimut sudah siap tersedia pada masing-masing kursi. Memang tidak terlalu wangi (mungkin karena kelamaan terpapar udara bebas), tapi lebih lebar dan lebih lembut. #okesip

     Baiklah, mari kita berangkat.. Etapi mana nih penumpangnya? Jadwal berangkat udah lewat 5 menit, tapi yang sudah naik baru 6 biji, eh orang? Apa-apan ini? Tetiba ingat kejadian molornya kedatangan bis Rosalia tempo hari, dan kini aku jadi mengerti.. Faktor P! Penumpang Indonesia hobi banget ngaret ya?

     5 menit kemudian naik 2 orang, jadi 8 orang.

     5 menit kemudian naik lagi 1 orang, jadi 9 orang.

     Ini kalau seperti ini terus, dengan kapasitas 18 kursi, bisa-bisa jam 7 malam baru penuh nih.. #herantapitidakpanik #tetapsantai

     Yasutralah, terserah deh mo pada datang jam berapa, terserah..
     Bis mau berangkat jam berapa, terserah..
     Yang penting aku udah pewe nih, kursi rebah maksimal, selimutan, siap-siap bobok imut meski bis belum berangkat.. #ndeso #pedeaja

     Jam 17.25 masuk lagi 1 orang, disusul Pak Sopir masuk dan siap di belakang kemudi, para kru naik dan pintu ditutup rapat. Mungkin penumpang dari sini sudah habis, nanti mampir ambil penumpang di agen yang lain..

     “Wis komplit, Pak, langsung joss..!

     Ternyata eh ternyata, penumpang hari itu cuma 10 orang thok! #what? Langsung deh, para penumpang bertebaran nyari tempat sendiri-sendiri di seantero bis. Jadi gak ada yang duduk sebelahan sama penumpang yang lain. #asliasik

Bis langsung dijalankan oleh pengemudi pertama (teman-teman bismania menyebutnya sopir pinggir) dengan santai membelah kemacetan Jakarta menuju kearah tol lingkar luar, yang ternyata sama juga kondisinya, pamer paha mulus (PAdat MERayap tanPA HArapan, MUngkin LUsa Sampainya). ^_^ #aseek #disikutbini

Mampang Prpt – Cilandak – Ragunan 500m, papan hijau dengan panah ke kiri atas di tengah jalan tol lingkar luar itu yang terakhir aku ingat, karena setelah itu mata sudah susah diajak kompromi. Langsung tarik selimut, baca doa dan zzzz… Bye bye Jekardah..

Penilaian dari perjalanan dengan bis enih :
Plus :
     + Bis keren (yaelah, pake bahasa laen napa?)
     + Super nyaman, super lega, kursi super empuk. #serius
     + Kru ramah, sopir bawa bis kalem.
     + Selimut lumayan lebar dan lembut.
     + Menu makan prasmanan so-so lah..

Minus :
     -Kursi perlu direstorasi agar penampilannya lebih wah.

Kesimpulan : sangat recommended. Pengen naek lagi..

--dee--


Tidak ada komentar:

Posting Komentar