![]() |
Sumber gambar : dari sini |
Euforia libur Lebaran 2015 belum juga hilang mewarnai aktifitas ketika pagi itu hari pertama masuk kerja, di atas meja kantor sudah tergeletak tumpukan berkas-berkas pekerjaan yang belum tersentuh karena cuti beberapa hari kemarin. Baca satu persatu, skip, skip, skip.. Dan, eh, ternyata salah satunya ada surat
Baca baca baca dan yesss #lebay Surat Tugas untuk mengikuti Workshop di Jakarta selama tiga hari. Yesss (lagi) #lebaylagi, sudah lama tidak merasakan perjalanan jauh, dan sekarang ada kesempatan jalan jauh, dibayarin kantor lagi.. #semacamjackpot
Hari itu juga langsung googling pilihan transportasi yang akan digunakan. Kriterianya sih sudah sangat spesifik, naik bis! Dan pilihan utama langsung deh terlintas di kepala bakal naik si Kasur Berjalan, apalagi kalau bukan PO Raya yang legendaris itu. Apalagi dulu pas masih kuliah di Jakarta #tsaaah *anak kuliahan kitah* #kedip2 #abaikan, juga sudah langganan, hampir sebulan sekali naik bis itu. Tapi tetap, cari alternatif lain. Memperkaya wawasan dooong..
Browsing sana sini, akhirnya keputusan ditetapkan; Plan A : Raya Super Top, plan B : Rosalia Indah Super Executive. Kenapa pilih line up yang paling mahal? Aji mumpung! Hehehe.. #dikeplakMasBos. Alasannya lebih ke manfaat aja sih. Pengen yang nyaman biar bisa istirahat selama perjalanan, sehingga nanti pas pelatihan bisa fokus #ngeles, dan pengennya naek bis. #teteep. Etapi setelah dipikir-pikir #tsaaah (kayak biasa mikir aja), itu kan perjalanan dua kali kan ya? Ada berangkat ada pulang, ada bolak ada balik, kenapa eh kenapa gak naik dua-duanya aja ya? #okesip. Akhirnya setelah dihitung-hitung waktu keberangkatan bis sama waktu mulai dan selesainya acara, diputuskan berangkat naik Rosin dan pulang naik Raya. Ada alternatif lain? Gak. Titik.
Skip, skip, skip..
Sampailah pada hari H, 18 Agustus 2015, jam 14.30 udah siap-siap berangkat ke agen Rosalia Indah di Kartasura karena jadwal bis berangkat jam 16.00, dan ada warning dari petugas dan ditulis juga di tiketnya bahwa 30 menit sebelumnya sudah harus sampai di agen. Periksa lagi perlengkapan, periksa tiket,
![]() |
Numpang narsis sebelum berangkat |
Jam 15.15 sampai di agen *rajin amat yak?*, langsung laporan ke Mbak di konter. *Cakep lho Mbak-nya..* #dicubitbini. Sama Mbak yang jaga, di tiket ditulisi angka 439. Berarti bis yang nanti dinaiki adalah Rosalia Indah Super Executive dengan nomer lambung, eh nomer pintu 439. Semoga bisnya oke punya. Setelah selesai lapor petugas, melipir sebentar lapor kepada yang mengatur kehidupan, sholat Ashar di mushola. Selesai sholat trus duduk manis di ruang tunggu yang nyaman menunggu bis datang.
Dari beberapa
review hasil googling tentang PO ini, hampir semuanya memberi nilai positif
untuk ketepatan waktu keberangkatan armada. “Selalu on-time”, adalah reputasi
yang menjadi salah satu catatan ketika memutuskan untuk memilih menggunakan
jasa PO ini. Semoga memang begitu faktanya.
Baru beberapa
saat duduk di ruang tunggu, tak sengaja dengar pembicaraan orang-orang yang
duduk di depan..
“Bis e jam
piro?” (Bis nya jam berapa?)
“Jadwal
nggon tiket jam setengah papat..” (Jadwal di tiket jam setengah empat)
Baru juga
selesai ngomong..
“Lha kae
bise wis teko. Deloken tikete, nomere bener kae po ora?” (Lha itu bisnya sudah datang.
Coba kamu lihat tiketnya, nomernya benar yang itu atau bukan?)
“Ho’o Mas,
bener kae. Pas tenan yo jame..” (Iya Mas, benar yang itu. Tepat sekali yang
jamnya..)
Wah, berarti
memang tepat waktu armadanya. #okesip
Menjelang jam
16.00, cek lagi barang bawaan *padahal cuma bawa satu backpack* dan tiket,
jadi kalo sewaktu-waktu bisnya datang bisa langsung naik. Tapi eh tapi.. jam 4
lewat, semenit, dua menit, tiga menit, lima menit, sepuluh menit (!) itu bis
yang ditunggu-tunggu belum nongol juga. #sabarsabarsabar
Jam 16.15
belum datang.. Ah, barangkali kena macet di jalan #eh #solomacetdimana #sabarsabar
Mantan pacar
di rumah sms : Udah sampai mana, Yank? (Belum sampai mana-mana..)
Jam 16.30
belum datang juga.. Ah, mungkin sopirnya mandi dulu, kan tau penumpangnya ada
aku, jadi harus rapi #eh #sokartis #toyorjidatsendiri #sabar
Mantan pacar
sms lagi : Belum datang juga, Yank? Bisnya kemana sih? (Tau tuh, luluran dulu
kali..?)
Jam 17.00
belum datang juga (??!) Mulai deh tumbuh benih-benih kemurkaan.. Udah habis sabar yang pake hastag. Apa-apaan ini?
#huuuff.. #tariknafaspanjang #ingattensi *mo ngamuk, ngamuk sapa siapa..? Mo
marahin Mbak yang di konter gak tega, gak ada gunanya juga..*
Mantan pacar
sms (ikut uring-uringan) : Blacklist aja nih, gak professional! Tau gitu tadi
naik Laju Prima aja.. (Tau gitu naik Raya Super Top aja.. ^_^ )
Tapi yasutralah..
Dibikin enak ajah #daripadaeneg, malah bisa foto-foto bis-bis yang keluar masuk agen silih
berganti ambil penumpang. *dalam hati was-was juga sih, gimana kalo penerbangan
dibatalkan karena pesawat rusak? Atau dialihkan ke maskapai lain yang kelas
ekonomi? Tapi cepat-cepat aku hapus pikiran buruk itu, karena ini mo naik bis,
bukan pesawat. Hehe..* #gakpenting #sokborjumonaikpesawat #skipajah
![]() |
Beberapa dari belasan armada yang mengaspal hari itu. Keren.. ^_^ |
Jam 17.30
belum ada tanda-tanda bis datang, udah pasrah. Terserah deh mo datang apa kagak. Paling
entar kalo bisnya datang gantian aku cuekin. #eh
Tapi emang
benar ya, kalo nafsu angkara #tsaah udah ditekan serendah-rendahnya, hati udah
ikhlas legowo, doa mudah terkabul. *Aamiin* Baru juga mo rebahan biar bisa
nunggu sambil santai, eh, nongol dah tuh bis yang ditunggu-tunggu dari kapan
tau.. Niatan awal mo jual mahal kalau ketemu ternyata gak bisa jadi, bisnya keren
sih.. hehe.. MB OH 1626 with Air Suspension dengan body Jetbus HD by Adi Putro..
#pengenpeyuk
![]() |
Rosalia Indah Super Executive NL 439 masuk agen Kartasura |
Jam 17.32
itu bis nongol, langsung deh naik. *ternyata dari agen ini yang naik cuma 3
biji. Pantas tidak terjadi keriuhan atas terlambatnya kedatangan bis tadi*. Begitu
masuk, ternyata kursi sudah hampir terisi semua. Setelah ditambah 3 orang di
agen Kartasura cuma tersisa 2 bangku di baris terdepan sebelah kanan (nomer 1B –
1C), kursi dibelakangku pas (nomer 4A) dan satu kursi lagi di belakang tengah. Gak
lama berhenti, jam 17.35 Rosalia Indah Super Executive NL 439 itu langsung
cuuuss.. *Emaaaakk.. Anakmu naik bis super executive..* #updatestatusfb #berkicauditwitter
Kesan pertama
duduk di kursi nomer 3A (sebelah kiri, captain seat) adalah nyaman.. *ya
iyalah, SE gitu loh, line-up teratas* Kursinya tidak terlalu empuk (apalagi
jika dibandingkan kursi ex DC-10 nya PO Raya), namun cukup ergonomis. Lekukan sandaran
punggung, lebar dudukan, posisi handrest, sangat sesuai. #pas. Aura di kabin
juga cukup homey dengan pancaran lampu LED di atap yang terang namun tidak
menyilaukan. #pasajah. Sudah agak terlupa rasa dongkol akibat lamanya menunggu
tadi.
![]() |
Lampu LED nya keren. |
Baru beberapa
menit berjalan, seorang kru bis membagikan selimut bagi penumpang. Dan itu baru
dibuka dari plastik loundry gitu. Dan selimutnya.. lembut dan haruuum..
#sukasukasuka. Langsung runtuh deh semua perasaan gak enak yang terpendam di agen tadi..
Mantan pacar
sms :
Gimana Bi, nyaman? (Alhamdulillah..)
Jadi di blacklist gak? (Gimana ya? Besok ditotal dulu plus minusnya)
#halah #selimutnyaharumsih
Detail perjalanan
jengkal demi jengkal, dari menit ke menit tidak bisa diceritakan disini, selain
karena memang bukan bidangku #hayah #emangbidangsiapa
#bidangdatarapabelahketupat #paduneraisoh, juga kenyamanan ini terlalu sayang untuk
dilewatkan dengan sesuatu yang serius, nikmati saja.. #ngeles.
Di terminal
Tingkir Salatiga, bis berhenti untuk mengambil sisa penumpang, hingga semua
kursi penuh terisi, setelah itu langsung meneruskan perjalanan.
Tak berapa lama bis berjalan, tiba-tiba teringat tujuan awal memilih bis yang kelas Super Executive, yaitu supaya bisa istirahat selama perjalanan, mengingat agenda utama nanti di Jakarta adalah untuk mengikuti pelatihan. Konsekuen dengan hal itu, langsung deh, rebahkan sandaran bangku, pasang selimut, dan.. Selamat malam gaeees.. #tsaaah #biarkekinian #biardikiraanakgaul Aku bobok dulu.. #bacadoatrusbobok
Penilaian dari perjalanan dengan bis ini :
Plus :
+ Bis keren (relatif banget ya?), armada lumayan baru.
+ Nyaman, kursi ergonomis, ruang gerak luas (kelas SE, belum coba yang lain)
+ Kru ramah, sopir bawa bis kalem.
+ Selimut lembut dan harum.
Minus :
- Bis datang telat parah (lagi apes aja kali ya..?)
- Menu makanan di restorannya kurang enak, kurang banyak.
- Petugas di agen kurang ramah (waktu beli tiket)
Kesimpulan : recommended lah, sambil berdoa semoga bisnya datang tepat waktu. Kapan-kapan dicoba lagi ah..
-- dee --
Lagi apes aja kali Kang. Klo melihat kondisi bus yg nyaris terisi penuh, bisa jadi sebelum masuk agen ada penumpang "rese" yang bikin bus jadi ngaret. :p
BalasHapusIya kali Mas. Makanya kapan-kapan perlu dicoba lagi buat pembuktian.. *alasan aja, padahal emang pengen. Hehe..*
HapusTerima kasih sudah berkunjung. ^_^